Selasa, 11 Oktober 2011

Sistem Informasi Manajemen Restoran Pecel Lele Lela

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
            Perkembangan Kota Depok yang semakin pesat dari tahun ke tahun menyebabkan semakin besarnya peluang-peluang bisnis yang bisa dikembangkan. Salah satu peluang yang paling terbuka lebar adalah bisnis restoran. Sudah lama juga Kota Depok terkenal dengan wisata kulinernya. Hal ini menarik bagi para investor untuk menanamkan modalnya dengan berbisnis restoran. Bisnis ini banyak diminati investor karena dianggap memiliki tingkat pengembalian investasi yang relatif cepat dan dapat memenuhi kebutuhan primer masyarakat. Hal ini ditandai dengan semakin meningkatnya jumlah restoran yang berdiri dan berkembang.
            Bisnis restoran di Indonesia mulai banyak dikembangkan dengan sistem usaha waralaba. Sistem ini dianggap menguntungkan karena merupakan sistem perdagangan yang kebal resesi ekonomi. Manajemen dan tingkat profitabilitas perusahaan dapat stabil, sehingga bisa memberikan keuntungan timbal balik antara perusahaan induk dan perusahaan yang melakukan kerja sama dengan sistem waralaba. Selain itu, semakin banyak perusahaan yang melakukan waralaba dengan membuka cabang-cabang baru di daerah, maka usaha yang dijalankan akan semakin cepat dikenal karena masyarakat akan dengan mudah memperoleh produk yang diinginkan. Hal ini disebabkan oleh sistem yang mengharuskan setiap cabang mempunyai standar yang sama dengan perusahaan induk. Semua yang ada di perusahaan induk ada di setiap perusahaan cabang, walaupun perusahaan tersebut tergolong masih baru. Standar yang diberikan oleh perusahaan induk tidak saja menyangkut masalah makanan, tetapi juga menyangkut sistem pelayanan, promosi, desain interior, persyaratan lokasi, manajemen, budaya perusahaan dan lain sebagainya. Sistem waralaba pada dasarnya adalah salah satu metode perluasan pasar yang dilakukan oleh perusahaan yang telah mantap atau mapan dan punya nama. 
            Salah satu  restoran waralaba yang berada di Depok adalah Rumah Makan Pecel Lele Lela. Ada 2 Rumah Makan Pecel Lele Lela yang berlokasi di jalan Margonda Raya Depok. Menu makanan pecel lele sudah tidak asing lagi kita dengar. Hampir sepanjang jalan dapat kita temukan warung kaki lima yang menjual pecel lele. Akan tetapi kita hanya dapat menemukan warung makan yang menjual pecel lele di sore hari hingga larut malam. Disinilah hal yang membedakan Rumah Makan Pecel Lele Lela. Waralaba ini membidik pangsa pasar bagi penggemar makanan pecel lele di siang hari dengan memulai jam buka operasional di siang hari. Mereka juga menawarkan berbagai macam menu pecel lele yang beraneka ragam dengan harga cukup terjangkau.
1.2 Tujuan
            Tujuan dari observasi ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang manajemen restoran waralaba Rumah Makan Pecel Lele Lela, mulai dari awal usaha berdiri, pemilihan bahan baku, produk yang dihasilkan hingga kualitas pelayanan terhadap konsumen.

BAB II
PEMBAHASAN
           
            Rumah makan Pecel Lele Lela merupakan pelopor masakan lele modern yang ada di Indonesia. Rumah makan ini  menyajikan berbagai menu masakan yang unik dengan menu utamanya adalah Lele. Merek Pecel Lele Lela merupakan singkatan dari Pecel Lele Lebih Laku. Awal berdirinya rumah makan ini adalah untuk membidik pangsa pasar di kalangan mahasiswa yang ada di kota Depok. Ruangan Pecel Lele Lela ini beratmosfir layaknya sebuah restoran siap saji, dengan dominasi warna hijau dan kuning. Ini juga yang membedakan dengan sajian lele kaki lima. Apalagi dengan sambutan para pramusaji yang selalu menyapa ramah siapa saja yang datang. Jangan heran jika di sini sapaan pramusaji selalu selamat pagi dan tidak pernah ada selamat siang, sore atau pun malam, karena pagi melambangkan keadaan yang selalu segar.
            Dalam pemilihan bahan baku untuk menu utama makanan, Pecel Lele Lela cukup selektif dalam segi kualitas. Mereka memiliki standar sendiri terhadap ukuran lele yang akan dijual. Hal ini jelas membedakan mereka dengan para penjual pecel lele di pinggir jalan. Biasanya Pecel Lele Lela sudah mempunyai pemasok tersendiri untuk memenuhi bahan baku utama masakannya. Selain itu mereka juga bermitra dengan para peternak lele sehingga membantu para peternak lele dalam memasarkan hasil budidayanya.
Di Pecel Lele Lela ini, lele disajikan bukan sekadar menu biasa tapi sebuah pengolahan daging lele yang memungkinkan bumbu meresap sempurna. Sebelum diolah, lele mentah dimasukkan ke dalam bumbu ungkep dasar rahasia. Dengan cara itu, tekstur daging pun terasa lebih lembut dan rasa amis tidak terasa lagi. Kecuali dagingnya lembut, tulang kepalanya terasa renyah. Harga menu berkisar antara Rp 6.000,- hingga Rp 12.000,-. Adapun menu-menu yang ada di Pecel Lele Lela antara lain:
·         Lele Saus Padang, Lele terlebih dahulu digoreng kemudian disiram dengan saus merah, sausnya cukup kental dengan rasa tomat yang dominan. Menu ini paling banyak diminati oleh konsumen.
·         Lele Fillet kuah TomYam, seperti namanya Fillet, daging lele dipisahkan dari tulangnya, kemudian digoreng dengan tepung dan disajikan dengan semangkuk kuah TomYam.
·         Lele Original, menu ikan lele goreng yang yang banyak kita jumpai di warung-warung makan. Yang membedakan hanyalah ukurannya saja yang lebih besar dan digoreng dengan baluran telur kocok.
·          Lele Tepung Goreng, menu ikan lele yang digoreng dengan tepung.
Dan masih banyak lagi menu-menu lainnya.
Bagi yang tidak menyukai menu lele diatas, Pecel Lele Lela juga menyediakan menu selain ikan lele sebagai variasi dari sajian menu diantaranya adalah ayam bakar madu, tumis toge, dan cah kangkung. Semua menu tersebut sangat terjangkau harganya, terutama bagi kalangan anak kos.
Pelayanan Rumah Makan Pecel Lele Lela cukup memuaskan. Pesanan makanan diantar tidak terlalu lama. Tempatnya juga selalu bersih membuat para konsumen merasa nyaman. Setiap konsumen datang dan pergi selalu disambut dengan sapaan yang serempak dari para pelayan. Namun bukan berarti tidak ada kekurangan. Menurut kami kekurangannya tempatnya kurang luas sehingga berpengaruh terhadap daya tampung konsumen terutama pada saat hari sabtu dan minggu dimana para konsumen yang datang sangat banyak. Masakan yang enak, harga terjangkau, serta pelayanan yang ramah dan memuaskan membuat para konsumen tertarik untuk kembali lagi.  

BAB III
KESIMPULAN

          Dengan melalui pengamatan ini maka dapat disimpulkan bahwa bisnis restoran waralaba di kota Depok cukup menguntungkan. Salah satunya adalah Rumah Makan Pecel Lele Lela yang merupakan pelopor lele modern di Indonesia. Dengan sejumlah kreasi unik dari menunya, Lele Lela mampu mendongkrak gengsi lele. Kita bisa mendapatkan menu dengan harga yang cukup terjangkau. Kita juga mendapatkan beberapa kelebihan Pecel Lele Lela, diantaranya :
·         Lokasi yang mudah dijangkau, berada di tepi jalan utama dan berada di sekitar lingkungan tempat tinggal mahasiswa membuat rumah makan ini selalu ramai.
·         Pelayanan dari para pramusaji yang ramah menjadi nilai tambah tersendiri.
·         Para karyawan selalu menyambut dengan salam secara bersamaan, baik ketika konsumen datang maupun konsumen pergi.
·         Tempat yang bersih membuat nyaman kita dalam menyantap makanan.
Selain kelebihan diatas, Pece Lele Lela juga memiliki beberapa kekurangan yang mungkin bisa dijadikan koreksi bagi manajemen, diantaranya :
·         Tempatnya terlalu kecil sehingga ketika banyak konsumen suasana terasa kurang nyaman.
·     Tidak tersedianya lahan parkir yang memadai diakibatkan lokasinya tepat berada di pinggir jalan utama. Hal ini bisa menghambat para konsumen yang membawa mobil jika ingin berkunjung dan menikmati menu makanan di rumah makan.
Jadi peluang usaha waralaba ini untuk bertahan sangatlah besar. Dengan pelayanan yang ramah dan citra rasa menu masakan yang dapat memanjakan lidah konsumen membuat konsumen merasa ingin kembali berkunjung.

1 komentar:

  1. info bisnis online gan
    okeyprofits.com perusahaan online yg sudah banyak menguntungkan dan sya sudah
    membuktikannya, hanya modal 100 rb saya sdah untung 1 jutaan dlm 1 minggu.dengan merekrut org lain kita dpt bonus, perushaan memberikan keuntungan 2% perhari dari modal awal kita dan kontrak 100 hari
    ini kerja nyata semakin giat dan percya dri dlm meyakinkan orang lain tak da yg tak bisa. kerja keras hasil pun besar kerja malas tak da hasil.
    daftar grtais dari Url saya
    untuk info lanjut 082166643133

    BalasHapus